Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ online )

 

Halo sobat online! wahh.. gimana nih sekolah online nya? seru gak atau malah bikin frustasi? sabar sedikit lagi ya temen-temen, nanti kalau vaksin udah menyebar pasti bisa tatap muka lagi.. aku tau banget nih kalo kelas online gini pasti boring kan? gak efektif juga, hayo ngaku kalian pasti suka bolos masuk zoom meet kan…. gaboleh gitu ya temen-temen di pandemi kaya gini kita banyak ngalamin krisis salah satu nya ya ini krisis belajar, kita harus tetep semangat nih cari materi buat belajar mandiri. Supaya saat masuk offline kita bisa ngerti apa aja yg udah dipelajarin selama setahun ini.

Nah itu dia sedikit banyak intermezo dari aku, kepanjangan ga sih hahaha gapapa yaaa biar sama sama semangat belajar. Kenalan dulu yuk! Aku Noormala Apriyanna yang biasa dipanggil Lala dan aku duduk di kelas XI IPS SMAK Sang Timur Yogyakarta. Fun fact dari aku dikit nih ya, aku lulus test kejuruan sebenernya di MIPA nih tapi karena aku kemusuhan bgt sama yg namanya MATEMATIKA jadi dengan senang hati memilih kelas sosial aja yg rameeeee ><

Aku mau sharing nih apa aja yang udah aku lakuin dan capai selama PJJ Online ini, semoga kalian juga bisa terinspirasi yaaa… btw jangan berekspetasi tinggi dulu, aku juga sama kaya kalian masih suka mager banget buat kerjain tugas. Sebenernya sekolah online ini banyak banget loh manfaat nya kalo kalian meresapi dengan sepenuh hati asik hahahaha, gini deh kalian kan semua pasti punya sosmed di hp, main games di hp, nyari berita/artikel/materi juga di hp atau laptop kan, nah itu semua udah satu paket dan lebih simple kan.. makanya dengan kita sekolah online seharusnya kita seneng karena 24/7 kita tetep barengan sama handphone kan? udah gitu kita jadi banyak belajar tentang IPTEK. Di jaman millenial gini masa masih ketinggalan teknologi? duh jangan sampe ya…

Selama sekolah online memang boring nya bukan main, ditambah bpk/ibu guru menyampaikan materi tidak begitu maximal dan spam tugas nya aja tuh biasanya. Tapiiiii, terkadang aku sadar dengan kaya gini artinya ngajarin aku biar ada usaha/effort yang lebih gede buat aku giat belajar. Salah satu nya mencatat materi, wah ini perlu banget sih di masa online kaya gini namanya catatan tuh penting banget dan harus kita yang inisiatif cari materi untuk di catat di buku tulis. Dan ini tantangan terbesar aku disaat aku rebahan mulu di kasur terus harus merelakan itu semua buat mencatat materi hahahahaha honestly itu butuh niat extra kalo engga ya yaudah resiko..

Terus, selama online aku jadi makin deket sama yang tadinya gak deket. Sering ngobrol, ngrumpi, gossip di grup, video call rame rame, kangen kangenan gitu deh.. pokoknya kekeluargaan nya makin erat makin kerasa. Kompakkkk banget, dan jujur aku jadi seneng banget dan makin kangen 🙁 kalian gitu juga gak kangen temen temen di sekolah terus pengen hang out bareng lagi kaya dulu? sedih yaaa… tapi gapapa selama masih ada kuota mah aman yaaa gengs hahahahaha

Ada lagi nih, selama online ternyata aku banyak mengenal karakter temen-temen dalam belajar, contoh nya ada yg lelet kirim tugas, lelet berpikir, terus ada yg gak fokus dan salah fokus. jadi itu tameng buat aku biar kuatin lagi strategi belajar hehe makin semangat nih..

Satu lagi yaaaa, aku mau kasih tau beberapa guru pendamping saat PJJ online ini yg bener bener luar biasa dalam mengajar online. semua bagus kok, tapi ga mungkin dong aku sebutin semua disini.. nanti kepanjangan trus kalian para readers makin boring bacanya, ya gak nih? Wkwkw oke oke jadi buat yang pertama,

1) Ibu Yovita Mahanari

Iya jadi ini bu Yovita atau yang sering dipanggil anak anak di sekolah itu Ma’am Yo. Beliau mengajar mapel Sastra Inggris nih temen-temen, bentar nih tampang nya emang galak yaaa tapi Ma’am Yo ini baik banget loh lembut gitu hehehe. Selama PJJ menurut aku dia ini ngajarnya santai tapi materi yang beliau ajarkan tuh cukup jelas, dilihat dari effort Ma’am Yo yang memang cukup besar untuk tetap up to date dalam teknologi sekarang tuh luar biasa banget temen-temen. Jadi, Ma’am Yo the best deh selama PJJ ini.

2) Bu Vincentius Bintarti

Bu guru yang satu ini sering banget nih dikira laki-laki, karena nama depan nya yang Vincentius ini padahal hanya salah ketik di Akte kelahiran nya. Still ya temen temen Bu Vincent itu cewe hihi. Coba dong diliat dari gambar di atas beliau ngajar apa? salah besar klo kalian ngira sejarah, beliau ini guru agama katolik ya temen-temen, selama PJJ effort Bu Vincent juga cukup tinggi untuk bisa tetap update di era teknologi ini. Bisa kita lihat cara Bu Vincent memberi materi yg menurut saya lebih dari cukup untuk bisa di pahami.

3) Bu Lusia Dessy

Duh ini nih, Mother of XI IPS cabang Sang Timur Yogya hahahaha eh tapi beneran loh temen temen, Bu Dessy ini lebih dari seorang guru menurut kelas kita.. multifungsi deh, bisa jadi temen/sahabat/guru/orang tua dll. kalian klo mau curhat atau curcol bisa nih ke Bu Dessy hihi. Anyways bisa kita ketahui beliau ini guru mapel Sosiologi dan PKN ya temen-temen.. kalian cari guru yang santuy tapi tetep tegas? Bu Dessy lah jawaban nya, selama ngajar Bu Dessy memang santai banget, tapiiii kalo limit batre nya udah habis wah ati-ati yah hahahaha pokoknya top markotop deh Bu Dessy ini. saranghae :p

Segini dulu ya temen temen tentang cara mengajar pendamping kita selama PJJ online, kalau penasaran bisa nih langsung aja check it out website sekolah kita SMA K Sang Timur Yogyakarta.

Buat kalian, tetep semangat yaaaa gaboleh males malesan pokoknya! boleh kok kalo rebahan, tapi inget tugas dan catatan harus kalian selesaikan dulu.. baru deh kalo udah beres kalian bisa rebahan, tidur, main games, nonton drama, olahraga, dan lain lain.

Okedeh, segini dulu ya sharing dari aku semoga kalian bisa lebih semangat dan antusias nya tinggi buat belajar. Cheer Up!!!

By : @lalaaalila

Pin It on Pinterest

Share This